Copyright © My Inspiration
Design by Dzignine
Wednesday, April 9, 2014

5 Places I Really Really Really Want to Visit in Indonesia

Frekuensi ngebaca postingan - postingan di travel blog punya orang emang berbanding lurus dengan keinginan buat jalan - jalan. Gimana enggak? Mau itu jalan - jalan versi dalam negeri atopun versi luar negeri, sebagian besar postingan, klo ga bisa dibilang hampir semua, nyeritain tentang perjalanan dengan budget seminim - minimnya dan pengalaman semaksimal - maksimalnya. Itu yang akhirnya ngebikin aku keinget lagi sama beberapa tempat yang pernah diobrolin waktu ngumpul sama temen - temen buat kita kunjungi suatu hari nanti. Ya, kita emang cuma pernah ngobrolin tempat - tempat itu sambil lalu dan ga pernah bener - bener bikin list dan mentargetkan kapan mau pergi kesana. Jadi sekarang aku pengen coba bikin list tempat - tempat yang pengen banget banget aku kunjungi di kawasan Nusantara ini. Ada lima tempat yang jadi top list, tapi ga menutup kemungkinan juga buat ngunjungin tempat lain dulu kalo belum bisa ke salah satu dari lima tempat berikut ini. Hohoho...

Kepulauan Karimunjawa
Tempat yang pertama adalah kepulauan Karimunjawa. Sejak pulang dari Aceh untuk ngikutin program SM-3T yang diselenggarain oleh DIKTI, kepulauan ini jadi destinasi wisata hot yang aku bicarain sama salah satu temen sepenempatan program SM-3T. Selain karena tempatnya yang memang awesome kalo diliat dari foto - foto yang dipamerin di internet, Karimunjawa ini masih termasuk ke dalam teritori provinsi Jawa Tengah. Nah, kan masih di provinsi sendiri tuh, jadi bisa dibilang deketlah, makanya keinginan buat pergi ke sana juga cukup gedhe. Apalagi pas masa - masa pendidikan PPG pasca SM-3T selama setahun di Semarang, sering banget ngelihat baliho dari Dinas Pariwisata Jawa Tengah yang mamerin Karimunjawa sebagai destinasi andalan untuk program Visit Jawa Tengah di tahun 2013 lalu. Aaaarrggghh, jadi makin mupenglah pengen kesana. Kapan ya?

Siapa yang ga mupeng pengen kesini coba?
source: http://central-java-tourism.com

Sebenernya bukan foto ini yang kuliat di baliho jalan untuk iklan Visit Jawa Tengah 2013. Tapi karena ga nemu fotonya, ini kayaknya yang paling mendekati. :D Foto - foto yang lain silakan cari sendiri di google dan tanggung sendiri kalo akhirnya jadi ikutan mupeng juga.

Gunung Semeru
Berikutnya adalah gunung Semeru. Kalo yang ini jangan ditanya dari mana inspirasinya. Film 5cm yang booming banget itu cukup ngebikin penasaran juga buat travelling ke sana. Beneran deh! Tapi setelah baca - baca di artikel, tanya sana - sini termasuk ngedengerin cerita temen yang kebetulan muncak ke Semeru pas proses syuting filmnya, jadi bisa ngambil kesimpulan deh, pergi kesana ga boleh ngasal. Persiapan yang mateng itu penting banget. Dan sejauh ini, belum ada persiapan yang kulakuin. Haha, ya ngarep aja dulu... Eh, tapi kalo baca - baca tentang pengalaman orang - orang yang udah pernah kesana bisa dibilang termasuk bagian dari persiapan, berarti aku udah lumayan mempersiapkan sesuatu. ;-)
Orang bilang, perjalanan ke gunung itu adalah perjalanan tentang menaklukan diri sendiri. Kan pengen tau juga, sejauh mana aku bisa menaklukan diri sendiri. Ehm, tapi lebih dari itu, aku pengen ngerasain sendiri sih salah satu tempat yang nawarin keindahan alam Indonesia ini. Masak orang luar negeri aja udah pernah, aku yang orang Indonesianya sendiri belom pernah? He, jadi ga melulu pantai destinasinya, ke gunung pun oke. (^-^)

Semeru yang paling tinggi yak...
source: http://mesmerizejourneys.wordpress.com/2011/03/30/bromo-tengger-semeru-national-park

Kepulauan Raja Ampat
Destinasi selanjutnya adalah kepulauan Raja Ampat. Udah banyak banget juga kan promo tempat ini di berbagai media. Mulai dari acara travelling di tivi, video - video di internet, sama artikel - artikel di travel blog yang belakangan aku baca. Selain itu dari gambar – gambar yang ditampilin di google klo kita masukin kata ‘Raja Ampat’ ini di kotak pencariannya. Dari semua keindahan yang ditampilkan itu, siapa yang ga pengen kesana???!!! Well, kalo aku sih pengen banget. Apalagi beberapa waktu yang lalu tempat ini juga sempet jadi topik destinasi wisata yang dibicarain sama beberapa temen khususnya temen SM-3T yang dapet penempatan di wilayah barat kayak aku. Setelah petualangan di daerah barat kayak Aceh, jalan – jalan wilayah timur kayak Papua khususnya Raja Ampat ini tampak sangat menggoda. Nah, tapi kapan waktunya, itu yang kami belum tau? He. Untuk sementara ini, mupeng – mupengin fotonya dulu ajah... :D

Ini bener - bener dicari dengan memasukkan kata Raja Ampat di Google Search :D
source: http://www.indonesia.travel/public/media/images/upload/poi/IMG_6978.jpg

Kabupaten Berau
Next! Kabupaten Berau. Kabupaten Berau dengan kepulauan – kepulauannya itu keliatan saaaangat menggoda. Well, emang sih, pantai dan biru… tapi ya pantai dan biru!!! Apa yang bisa ditolak dari itu?
Pertama tau dari mana? Dari foto di facebook. Hehe. Gampang iri banget ya aku? Ga papa. Mengarahkan ke arah positif kok. Bikin jadi lebih termotivasi buat nabung, tapi ya emang belum berhasil juga sih nabungnya. Setelah rasa iri yang terpendam gara – gara ngeliat foto Berau di facebook itu, tiba – tiba perasaan itu bersambut pas lagi ngobrol sama salah satu temen. Dia juga lagi iri pengen ke Berau gara - gara ngeliat foto temennya di facebook yang lagi ke Berau. Double iri!!! Facebook... Facebook... *geleng - geleng kepala. Sebagai tambahan rasa iri itu, munculah video perjalanan mas Jebraw dan mbak Naya, yang jadi favorit kita berdua (acaranya yang jadi favorit kita), ke kabupaten Berau itu. Snorkeling, diving, caving, laguna-ing (namanya apa sih klo pergi ke laguna itu?), semuanya bikin iri jadi berlipat lipat lipat lipat lipat… Aaaakkkk… So, kapan kita kesana? Kapaaaaan???

Pulau Derawan di Kabupaten Berau. Pantai, pantai, pantai :*
source: http://joetrizilo.files.wordpress.com/2011/05/pulau-derawan.jpg

Kepulauan Mentawai
The last but not least, Mentawai!!! :D Klo tempat yang ini denger namanya udah lama. Tapi baru tau klo ternyata tempatnya jadi salah satu tempat surfing paling dicari sama para surfer dunia beberapa waktu lalu pas dapet tugas SM-3T di Aceh. Jadilah pengen ke sana. Karena emang dari dulu cuma denger nama doang, jadi ga pernah ngelakuin peyelidikan lebih lanjut soal kepulauan ini yang ternyata letaknya masih jauh dari daratan Sumatera. So? Fail! Ga ke sana deh waktu di Sumatera. Semoga lain waktu bisa… Semoga… Semoga… Semoga…

Surfing and the traditional culture make me soooo curious
source: http://cahayawisataandalas.files.wordpress.com/2011/05/mentawai_surf25281725291.jpg

2 comments: